Kamis, 24 November 2011

Antara Demografi Dan Perilaku Konsumen

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang pengaruh demogarfi terhadap perilaku konsumen. Sebelum saya membahas lebih jauh tentang pengaruh demografi terhadap perilaku konsumen, saya akan membahas terlebih dahulu tentang pengertian Perilaku Konsumen. Perilaku Konsumen adalah kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut (Swastha dkk., 1997). Perilaku konsumen mempelajari di mana, dalam kondisi macam apa, dan bagaimana kebiasaan seseorang membeli produk tertentu dengan merk tertentu. Kesemuanya ini sangat membantu manajer pemasaran di dalam menyusun kebijaksanaan pemasaran perusahaan. Proses pengambilan keputusan pembelian suatu barang atau jasa akan melibatkan berbagai pihak, sesuai dengan peran masing-masing.
Pengertian Demografi
Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian dan migrasi. Demografi meliputi studi ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana faktor faktor ini berubah dari waktu kewaktu.
Beberapa ahli demografi terutama tertarik kepada statistik fertilitas (kelahiran), moralitas (kematian) dan migrasi (perpindahan tempat) karena ketiga variabel ini merupakan komponen komponen yang berpengaruh terhadap perubahan penduduk. Ketiga komponen tersebut diukur dengan tingkat kelahiran, tingakt kematian dan migrasi yang menentukan jumlah penduduk, komposisi umur dan laju pertambahan atau penurunan penduduk. Demografi pun dapat didefinisikan sebagai berikut , Demografi adalah studi ilmiah tentang penduduk, terutama tentang jumlah, sturuktur dan perkembangannya. Penduduk adalah hasil tingkat kelahiran, tingkat migrasi dan tingkatkematian. Demograsi lajim digunakan untuk menyebut studi tentang sipat terhadap komposisi dan pertumbuhan penduduk.dan demograsi adalah suatu studi statistik dan matematis tentang jumlah, komposisi san persebaran penduduk, serta perubahan faktor faktor ini setelah melewati kurun waktu yang yang disebabkan oleh lima proses yaitu fertilitas, moralitas, perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial.
Setelah kita ketahui pengertian dari Perilaku Konsumen dan Demografi, disini kita akan membahas pengaruh demografi terhadap perilaku konsumen. Ternyata , demografi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku konsumen.  Karena, demografi termasuk salah satu faktor dalam pemasaran. Dari demografi para pengusaha bisa melihat tingkat penduduk, moralitas dari masing – masing penduduk. Demografi termasuk kedalam lingkungan sebuah sistem pemasaran yaitu lingkungan makro ekstren dan termasuk variable penting bagi segmentasi pasar. Demografi dalam suatu pemasaran faktor terpenting agar pengusaha tahu tentang suatu pasar yang dituju. Dalam suatu pemasaran , perilaku konsumen disinilah faktor yang harus di lihat. Demografi yaitu meliputi umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll. Dari segi umur , keluarga , siklus kehidupan , pendapatan dan pendidikan kita bisa melihat bagaimana perilaku konsumen dalam memutuskan sesuatu untuk membeli suatu barang atau jasa. Misalkan pendapatan, apabila pendapatan seseorang cukup besar maka dia akan sangat mudah atau gampang memutuskan untuk membeli suatu barang atau jasa yang dia butuhkan. Jadi , hubungan antara demografi terhadap perilaku konsumen itu sangat berkaitan.
Sekian artikel ini saya buat, semoga berguna bagi pembaca. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar